Saat ini sudah banyak orang yang melakukan bisnis dan karena berbagai alasan. Salah satunya selain membutuhkan keuntungan dalam bentuk materi, ada yang hanya sekadar melakukan bisnis untuk perputaran uang dan itu menyenangkan bagi mereka. anda akan langsung terpikirkan mengenai uang, setumpuk laba, dan tentu juga keuntungan – keuntungan lain.

Memang tidak salah, tapi untuk mendapatkan keuntungan tersebut juga harus dilihat dari proses bisnis yang anda jalankan. Dalam berbisnis, hal yang menjadi kunci kesuksesan adalah bidang marketing. Karena dengan melakukan promosi, akan ada orang yang akan membeli produk anda, dan terus bertambah. Bisa menggunakan pesan singkat di sosial media, atau menggunakan video yang unik.

Cara Promosi

  1. Direct Promotion

Masuk ke pembahasan pertama dimana anda akan melakukan promosi produk yang anda tawarkan kepada calon konsumen secara langsung. Anda bisa langsung melakukannya dengan lisan seperti pedagang yang ada di pasar dan yang biasa anda temui. Lalu yang kedua bisa dengan menggunakan media tulisan, seperti koran, banner, poster, dan baliho. Sayangnya, untuk yang ini sedikit peminat.

Dan yang terakhir adalah dengan menggunakan media elektronik, seperti TV, pesan siaran, dan juga live broadcast. Dahulu untuk melakukan promosi seperti ini anda harus mengeluarkan uang, tapi dengan adanya smartphone dan juga sosial media anda hanya membutuhkan koneksi internet stabil.

  1. Indirect Promotion

Berbeda dengan yang sebelumnya, salah satu bentuk promosi dari indirect promotion adalah ikut berpartisipasi dalam sebuah acara atau event. Anda juga bisa menjadi pihak ketiga dalam proses penjualan yang berlangsung. Selain bisa menambah koneksi karena semakin banyak orang yang dikenal, anda juga bisa menjadi perantara yang baik dan juga dipercaya oleh banyak pembeli.Walau bagaimana pun produk yang anda jual, tentu tetap butuh yang namanya promosi. Selain menyebarkan informasi kepada orang banyak apa yang anda jual, calon konsumen juga tahu dengan produk yang anda jual dapat memenuhi kebutuhannya atau tidak. Untuk itu, anda bisa memanfaatkan sosial media dan kemudahan dalam melakukan internet.