Salah satu bahan makanan yang berperan penting dan paling sering dipakai saat memasak adalah tepung. Tepung sendiri memiliki banyak kegunaan seperti untuk mengentalkan adonan, bahan utama dalam membuat kue, bahkan untuk membuat makanan menjadi lebih renyah. Semua fungsi tersebut tentunya dibedakan dari jenis tepungnya juga. 

Karena memiliki bentuk dan tekstur yang mirip, bagi orang awam berpikiran kalau semua tepung itu sama saja. Misalnya saja ketika melihat tepung tapioka, terigu dan maizena yang mereka anggap memiliki kegunaan sama. Padahal dari namanya saja sudah berbeda, jadi fungsi dan cita rasa yang dihasilkan juga beda dong. 

Nah, daripada membuat masakan jadi nggak enak dan rusak, lebih baik kenali yuk, perbedaan ketiga jenis tepung di artikel ini. 

  1. Tepung terigu

Sumber : kumparan.com

Tepung terigu merupakan jenis tepung yang paling sering dipakai untuk membuat jenis makanan. Ketika kita ingin membuat kue ulang tahun, mi, roti dan juga gorengan pasti bahan utama yang nggak boleh tertinggal adalah tepung terigu ini.

Terbuat dari biji gandum, tepung terigu ini memiliki tekstur yang sedikit kasar serta lengket di tangan. Di Pasaran tepung terigu ini memiliki 3 tingkatan protein tinggi, sedang dan rendah. Kita dapat membedakan 3 jenis tepung terigu ini dari kandungan gluten yang terkandung di dalamnya.

  1. Tepung tapioka

Sumber : kompasina.com

Berbeda dengan tepung terigu yang terbuat dari biji gandum, jenis tepung tapioka ini terbuat dari singkong. Karena memiliki fungsi untuk mengenyalkan makanan, biasanya banyak orang menggunakan tepung tapioka ini untuk pembuatan siomay, bakso, pempek, kerupuk dan juga kue basah. Memiliki tampilan berwarna putih bersih, tak heran kalau banyak orang yang mengira kalau tepung tapioka ini adalah tepung sagu.

Padahal tekstur dari kedua jenis tepung ini sendiri berbeda dan lebih licin tepung tapioka. Walaupun tekstur dari kedua tepung ini berbeda, tetapi kegunaanya hampir sama. Oleh sebab itu,untuk mendapatkan harga yang bersahabat, kamu bisa menggantikan tepung tapioka dengan tepung sagu. 

Tepung tapioka ini juga ada yang bebas gluten, jadi cocok banget menjadi alternatif pengganti bagi yang punya masalah intoleransi gluten. Tepung tapioka ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat kue, mie dan lainnya.

  1. Tepung maizena

Sumber : kids.grid.id

Kamu pasti sudah tahu kalau tepung maizena ini terbuat dari pati jagung. Karena itu semua sudah tertera dari kemasan tepung maizena. Berbeda dari kedua jenis tepung di atas, penggunaan dari tepung maizena ini biasanya hanya sebagai campuran serta pengental bahan dalam jumlah sedikit. Biasanya tepung ini digunakan untuk mengentalkan sayuran pada masakan capcay, sup, teriyaki, fla dan masih banyak lagi lainnya. 

Selain membuat makanan menjadi lebih kental, tepung maizena ini juga bisa untuk merenyahkan makanan juga lho. Karena tepung maizena ini memiliki kemampuan untuk menyerap minyak, sehingga makanan yang dimasak menggunakan tepung ini menjadi lebih renyah ketika digoreng. Buat penderita penyakit celiac juga aman mengkonsumsi tepung maizena ini karena bebas gula. 

Itulah perbedaan dari ketiga jenis tepung tersebut. Memang ketiga jenis tepung ini sama-sama terbuat dari pati, tetapi fungsi yang dimilikinya berbeda. Untuk mendapatkan hasil makanan yang pas dan enak, alangkah baiknya kamu menggunakan tepung yang sudah direkomendasikan pada resep. Selain sudah sesuai takaran dijamin masakan kamu nggak akan gagal deh. Selamat memasak!