Para pengguna HP dapat memilih menggunakan kartu SIM dengan pembayaran sistem pasca bayar atau pra bayar. Jika anda bingung sebaiknya kenali dulu untung dan rugi penggunaan kartu pra bayar dan pasca bayar berikut ini :

KELEBIHAN KARTU PRABAYAR

Anda dapat mengisi pulsa dengan nominal berapa dan kapan saja. Anda punya pilihan tidak mengisi pulsa apabila tidak mempunyai uang. Itu berbeda jika anda menggunakan layanan pascabayar, walaupun tidak dipakai tagihan harus tetap dibayar pada waktu yang telah ditentukan.

Lebih simpel dan praktis, layanan prabayar sangat cocok untuk anda yang tidak ingin repot membayar tagihan dan lain sebagainya.

KEKURANGAN KARTU PRABAYAR

Harga paket lebih mahal apabila dihitung dan dikalkulasikan secara akumulatif dibandingkan dengan pascabayar.

Tidak ada informasi atau pemberitahuan mengenai pemakaian pulsa.

LAYANAN PASCABAYAR

Jika prabayar mengharuskan anda untuk membayar agar bisa menikmati layanan, maka dengan pascabayar anda dapat menikmati layanan terlebih dulu lalu membayarnya kemudian. Umumnya sistem pembayaran layanan pascabayar berbentuk tagihan, dan ditagih dalam satu periode tertentu, biasanya 30 hari.  Contohnya seperti telepon rumah, wifi rumah, dan masih banyak lagi.

KELEBIHAN KARTU PASCABAYAR

Penggunaan pemakaian dinilai lebih transparan serta bisa diperiksa kapan saja.

Dapat mengatur limit penggunaan. Jika seandainya penggunaan melewati batas limit, anda bisa menghentikan penggunaan.

Harga paket lebih murah jika dihitung secara akumulatif ketimbang yang ditawarkan oleh layanan prabayar.

Beberapa pihak juga menilai bahwa jaringan layanan pascabayar lebih baik dibanding dengan prabayar.

Cocok untuk anda yang tidak ingin pulang-pergi ke konter mengisi pulsa.

KEKURANGAN KARTU PASCABAYAR

Pendaftarannya cukup ribet, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Pada beberapa kasus, para pengguna baru kerap mengeluhkan karena banyaknya telepon maupun sms yang masuk dari pihak tidak dikenal seperti dari bank, real estate, dan lain sebagainya dinilai mengganggu.

KESIMPULAN

Menggunakan layanan prabayar maupun pascabayar sebenarnya tidak menjadikan masalah untuk anda. Jika anda lebih suka mengisi pulsa dan merasa tidak terbebani, maka bisa gunakan layanan prabayar. Namun apabila tidak ingin direpotkan pulang pergi atau mondar-mandir ke konter, bisa gunakan layanan pascabayar. Intinya kedua layanan tersebut memiliki kesetaraan, dalam artian memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jadi bagaimana? Tertarik untuk memilih paket Prabayar kamu bisa kunjungi situs website smartfren