Teknik informatika merupakan sebuah program studi yang ada di beberapa Universitas yang ada di seluruh Indonesia yang fokus dalam mempelajari tentang komputer. Jurusan tersebut bisa dikatakan sebagian dari rumpun sains dan teknologi. Dan kalian yang baru belajar terkait teknik informatika mungkin kalian akan heran jika menemui pelajaran matematika dan hitung – hitungan yang cukup rumit. Namun, kalian juga harus tahu bahwasanya jurusan yang terkenal cukup rumit ini menjadi jurusan yang cukup favorit, dan prospek kerja teknik informatika ini cukup banyak tersedia di beberapa wilayah.

Tersedia cukup banyak jenis profesi yang bisa kalian tekuni atau fokuskan ketika masuk perkuliahan dengan jurusan teknik informatika. Dan ternyata peluang gaji yang didapat dari bekerja dengan jurusan ini cukup bagus lho, jika kalian masih belum paham prospek kerja teknik informatika apa saja kita bahas mengenai peluang yang bisa kalian dapatkan ketika selesai mengenyam pendidikan dengan jurusan teknik informatika. 

prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

1. Programmer 

Yang pertama, kalian bisa berpeluang berkarir dengan menjadi seorang programmer. Programmer merupakan seseorang yang dalam penjelasan pada umumnya merupakan seseorang yang membangun suatu komputer dengan bahasa pemrograman. 

Programmer merupakan sebuah profesi yang pada umumnya paling banyak diambil oleh para lulusan dari teknik informatika.  Mengingat perkembangan dalam dunia digital kali ini berkembang sangat pesat sekali banyak peluang yang tercipta. Pada tahap awal mungkin kalian bisa menjadi junior programmer terlebih dahulu namun jika kalian bertambah semakin maju dan semakin meningkat mungkin bisa saja kalian menjadi programmer senior. 

Dan untuk soal gaji bagi programmer yang masih pemula berkisar antara Rp 5 juta sampai Rp 10 juta, cukup menarik bukan.

2. Analyst System 

Yang kedua ini kalian bisa memungkinkan bekerja menjadi seorang system analyst yang punya tugas menganalisis sebuah sistem yang biasanya dipakai dalam perusahaan dengan menyesuaikan kebutuhan. Pekerjaan analyst system bisa mencakup beberapa hal yang mana diantaranya, pengkoordinasian, perencanaan, penelitian, hingga pemilihan perangkat lunak. Pekerjaan system analyst ini berdampingan dengan programmer. Jika kalian bekerja sebagai analyst system kalian bisa berpeluang mendapatkan gaji hingga mencapai Rp 6 juta – Rp 12 juta.

4. IT Consultant 

Prospek kerja teknik informatika yang ketiga adalah menjadi IT Consultant. Mungkin jika kita mendengar dari namanya saja kalian sudah bisa menebak kalian akan bekerja sebagai konsultan dalam menangani masalah IT. Tugasnya memang terkesan cukup mudah, akan tetapi pekerjaan ini membutuhkan pengalaman yang cukup panjang, pekerjaan dari seorang konsultan tersebut dengan memberi ide kepada klien terkait usaha maupun bisnis mereka, begitu juga terhadap penyelesaian masalah dalam perusahaan yang berhubungan dengan IT.

5. Software engineer 

Prospek kerja teknik informatika yang selanjutnya adalah menjadi seorang software engineer. Software engineer tersebut mempunyai pekerjaan yang kurang lebih sama dengan seorang programmer dan system analyst. Jika kalian ingin bekerja sebagai software engineer kalian terlebih dahulu harus menjadi seorang programmer atau menguasai terkait programmer. Seseorang dengan pekerjaan software engineer bisa mendapatkan gaji lumayan fantastis yang berkisar Rp 8  juta hingga puluhan juta.

Dan demikian prospek kerja teknik informatika, jika kalian berminat kalian bisa segera mendaftarkan diri kalian di kampus yang menyediakan jurusan tersebut, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (IDS Digital College) adalah institusi pendidikan yang berfokus pada ilmu komputer sejenisnya daftarkan diri kalian di kampus IDS dan raih peluang anda bekerja dengan teknik informatika.
n jika kita mendengar dari namanya saja kalian sudah bisa menebak kalian akan bekerja sebagai konsultan dalam menangani masalah IT.