Modal merupakan instrumen penting dalam semua jenis usaha baik itu usaha kecil maupun besar. Tanpa modal maka usaha Anda tidak bisa berkembang dan hanya berjalan di tempat yang sama dalam jangka waktu lama. Jika ingin usaha berkembang dengan cepat, maka Anda harus berani mengajukan pinjaman dana cepat ke bank atau perusahaan pembiayaan.

Biasanya bank atau perusahaan pembiayaan yang menyediakan produk pinjaman cepat mengharuskan Anda untuk menyiapkan jaminan. Ada beberapa jaminan yang bisa dipilih seperti BPKB motor, BPKB mobil, dan sertifikat rumah. Karena memberikan aset sebagai jaminan maka Anda harus cermat sebelum mengajukan pinjaman untuk modal usaha. Berikut ini adalah tips ajukan pinjaman dana cepat untuk modal usaha yang bisa Anda ikuti:

Pinjaman Dana Cepat
Pinjaman Dana Cepat

Kenali Jenis Usaha Anda

Anda harus mengenali jenis usaha dengan baik sebelum mengajukan pinjaman. Misalnya seperti, jenis usaha di bidang jasa atau ritel. Kemudian apakah jenis usaha yang Anda miliki memiliki perputaran uang cepat atau lambat. Hal ini penting agar Anda bisa mempertimbangkan berapa besar pinjaman yang akan diambil agar tidak mengalami kredit macet.

Cek Kredibilitas Perusahaan yang Dipilih

Ketika mengajukan pinjaman cepat, Anda diharuskan untuk memberikan jaminan berupa aset yang dimiliki. Oleh sebab itu, Anda harus sangat hati-hati dalam memilih perusahaan pembiayaan. Apabila salah memilih perusahaan maka bisa saja Anda tertipu dan dirugikan. Cek kredibilitas perusahaan mulai dari alamat kantor, kontak yang bisa dihubungi, hingga izin dari OJK.

Pilih Produk Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Setelah mengenali jenis usaha dan mengecek kredibilitas perusahaan, selanjutnya Anda bisa memilih produk pinjaman sesuai kebutuhan. Pasalnya, setiap produk pinjaman memiliki plafon yang berbeda-beda sesuai dengan nilai aset yang dijaminkan. Apabila Anda membutuhkan modal yang tidak terlalu banyak maka sebaiknya pilih produk pinjaman jaminan BPKB mobil. Namun jika kebutuhan dana Anda sangat banyak maka pinjaman jaminan sertifikat rumah bisa menjadi pilihan yang cocok.

Ketahui Syarat dan Ketentuan Pinjaman

Ingat bahwa tidak semua aset yang Anda jadikan jaminan bisa diterima oleh perusahaan pembiayaan atau bank yang dipilih. Biasanya setiap perusahaan memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui dan memahami ketentuan yang diberikan perusahaan. Pastikan juga bahwa aset yang Anda jadikan jaminan sudah sesuai agar proses pengajuan bisa berjalan dengan cepat.

Lakukan Simulasi Kredit

Tips dalam mengajukan pinjaman untuk modal usaha selanjutnya yaitu melakukan simulasi kredit. Simulasi kredit sendiri merupakan kalkulasi yang memberi gambaran berapa besar cicilan yang akan Anda bayarkan nanti. Simulasi kredit merupakan proses yang penting untuk dilakukan agar Anda bisa memperkirakan kemampuan bayar cicilan. Jika dari simulasi tersebut Anda memprediksi akan kesulitan membayar cicilan maka jumlah pengajuan pinjaman bisa dikurangi. Biasanya perusahaan pembiayaan yang kredibel memiliki aplikasi simulasi kredit di website resminya.

Bayar Cicilan Tepat Waktu

Hal terakhir yang paling penting adalah membayar cicilan tepat waktu. Sebaiknya jadikan membayar cicilan sebagai prioritas utama. Dengan begitu, Anda tidak mungkin akan mengalami kredit macet atau kredit gagal yang menyebabkan aset jaminan disita pihak leasing.

Itulah tips yang diberikan agar Anda bisa mendapatkan pinjaman dana cepat untuk modal usaha tanpa memberatkan keuangan. Rekomendasi perusahaan pembiayaan dengan produk pinjaman cepat terpercaya adalah BFI Finance. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1982 sehingga terbukti kredibilitasnya. Anda bisa mengajukan pinjaman secara online melalui website perusahaan yaitu www.bfi.co.id.